النصيحة من سماحة الشيخ عبد العزيز بن باز - رحمه الله -

السؤال الأخير طرحه بعض الإخوة، ويقولون يُوجه إلى سماحة الشيخ: عبد العزيز بن باز، وإلى فضيلة الشيخ: عبد الله بن جبرين، والشيخ عبد الرحمن البراك..

السؤال :

سمعنا كلاماً في شريط لأحد الأشخاص يصف فيه بعض الدعاة أمثال الشيخ سلمان العودة والشيخ سفر الحوالي وغيرهما من طلبة العلم وأمثالهما، يصفهم بأنهم ضُلاّل ودعاة بدعة وأنهم أضل من مبتدعة العصور الماضية ، ويـحذر من سماع أشرطتهم والاغترار بكلامهم، فما رأيكم في مثل هذا الكلام أثابكم الله؟

فأجاب سماحة الشيخ: عبد العزيز بن باز -رحمه الله -:

هذا غلط [كلام غير واضح] فلا ينبغي أن يُسمع هذا الشريط ، ينبغي أن يُتلف هذا الشريط، مثل هذا لا ينبغي أن يُسمع ولا يتكلم فيه ولا ينشر عنه شيء ، نسأل الله العافية ، الله يهدي الجميع .

هذا الذي أشرنا إليه أن الواجب هو الكلام الطيب وعدم إشاعة الفحشاء، والكلام السيئ والتنابز بالألقاب وغيبة الناس بغير حق، ولا يوالي في هواه ويعادي في هواه نسأل الله العافية.

الله يهدي الجميع، الله يهدي الجميع, انتهى كلام الشيخ رحمه الله

للاستماع : http://www.islamgold.com/view.php?gid=2&rid=5


NASEHAT DARI SAMAHATUS SYAIKH ABDUL 'AZIZ BIN BAZ –ROHIMAHULLAH -

Sebuah pertanyaan, yang di tujukan untuk as-Syaikh bin Baz, as-Syaikh Abdullah bin al-jibrin, dan as-Syaikh Abdur Rahman al-barrak, rohimallohul mutawaffa wa hafidhollohul ahya'.

REDAKSI PERTANYAAN :

Kami telah mendengarkan sebuah kaset milik seseorang, yang mencela sebagian du'at, seperti as-Syaikh Salman Al-audah dan as-Syaikh Safar Al-hawali dan yang lainnya dari kalangan penuntut ilmu, dan memvonis mereka sesat, du'at kepada bid'ah bahkan mereka lebih sesat dari ahli bid'ah yang telah lalu, dan melarang kami untuk mendengarkan kaset – kaset mereka dan terpengaruh dengan pembicaraan mereka, maka apa pendapat yang mulia tentang hal ini?? Semoga ALLAH memberikan pahala yang setimpal.

JAWABAN :

Ini adalah sebuah kekeliruan,.. ( perkataan yang kurang jelas).., maka kaset ini tidak boleh didengarkan, kaset ini harus dimusnahkan, kaset seperti ini tidak boleh dibicarakan, tidak boleh disebarkan, semoga ALLAH memberikan kepada kita keselamatan dan hidayah.

Dan yang kami nasehatkan adalah kewajiban untuk berbicara yang baik, dan tidak menyebarkan hal-hal yang keji, perkataan buruk, dan saling melabeli dengan julukan yang buruk dan menggibahi manusia tanpa haq, dan untuk tidak loyal dan tidak memusuhi sesuai dengan hawa nafsunya, semoga ALLAH memberikan keselamatan dan hidayah kepada kita.
www.al-inshof.com

0 komentar:

Posting Komentar